Search

Tips Membuat Nasi Goreng

>> Wednesday, February 3, 2010

hari ini bikin nasi goreng tapi kok ga enak ya.. sebellll bgt. terus seperti biasa browsing-browsing tips membuat nasi goreng.. udah nasi ga enak kena semprot nyokap lagi karena ga keburu nyuci piring.. naseeeebbb naseeebbb punya emak rada aneh dikit..

sumber :http://www.titiw.com/2007/09/17/nasi-goreng-basic/

Nasi goreng, hampir semua juga tahu cara buatnya. Tapi ini cuma beberapa tips untuk improve rasa. Yang paling penting dari membuat nasi goreng basic adalah urutan meletakkan bahan-bahan.
  1. Irisan bawang putih, karena ini yang paling cepat matang. Minyak harus super panas, tapi pas menumis kecilkan sedikit.
  2. Irisan bawang merah, setelah bawang putih matang (kurang lebih 2 menit), masukkan irisan bawang merah dan tumis sampai matang. Jika sudah tercium bau wangi berarti sudah matang.
  3. Bawang putih dan bawang merah adalah titik paling penting memasak nasi goreng. Setelah kedua bahan itu matang, disini kita bisa menambahkan apa saja, seperti cabai yang sudah diiris atau diulek atau digiling, kemudian mungkin bakso, sosis, sawi jika suka, atau bahkan ikan asin (untuk nasi goreng ikan asin gunakan jambal roti demi hasil terbaik) dan petai. Kamu juga bisa memasukkan garam di sini. Yang penting ingat! Jangan memasukkan telur yang masih mentah disini, nanti semua bumbu seperti bawang merah/putih akan terserap rasanya ke telur dan bikin rasa nasi goreng jadi kurang kuat. Jika memang ingin memasukkan telur, kamu bisa mendadar atau mengorak-arik telur terlebih dulu secara terpisah baru masukkan ke wajan.
  4. Masukkan kecap secukupnya. Kenapa menambahkan kecap harus di session sebelum nasi? Karena kecap mengandung gula, dan gula yang terbakar dengan baik akan menambah rasa gurih nasi goreng. Believe me! Up to this point you can still add anything you like here. Misalnya minyak wijen (gunakan sedikit, supaya beraksen), saus tiram, dan penyedap rasa jika suka. Saya biasa menggunakan sedikit terasi dan itu menambah kaya rasa nasi goreng. It’s up to you sih.
  5. Setelah puas dengan adonannya, baru masukkan nasi. Aduk dengan rata hingga semua bahan tercampur. Kamu masih bisa menambahkan garam dan kecap jika dirasa kurang. Jika ingin menambahkan kecap di urutan ini, tuanglah kecap di pinggir wajan. Sekali lagi agar kecap terbakar sempurna hingga membentuk rasa gurih.
  6. Aduk terus hingga matang. Beberapa orang suka nasi goreng yang agak kering, yang lainnya suka yang agak “nyemek”. Tapi apapun selera kamu, jika mengikuti langkah-langkah dan tips ini, pasti nasi goreng kamu jauuh lebih enak.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP